<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d28182552\x26blogName\x3d:xL-tips\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://xl-tips.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://xl-tips.blogspot.com/\x26vt\x3d7813163582025807768', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>






07 June 2006

Goal Seek

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kategori: GUI


Goal Seek adalah cara untuk mendapatkan solusi dengan cara merubah nilai dari variable/sel lain yang terkait perhitungan dengan nilai solusi tsb. Sebenernya Goal Seek itu bisa dibilang dipake untuk orang-orang pemalas aja. Kalaupun ngga, biasanya Goal Seek dipake untuk menyelesaikan persamaan yang sangat kompleks.

Pemalas

Gw lagi jalan-jalan ke pasar selasa. Disuruh mamih beliin kelapa terserah berapa kg, yg penting duit yg di rekening Bank Indonesia cukup. Gw inged-inged rekening di Bank Indonesia ada saldo Rp 3M tanggal 29 February 1945. Brarti kira-kira sekarang sisanya sekitar Rp 102 ribu lebih 75 perak. Gw liat di brosur, harga kelapa sekarang Rp 2.300,-/kg. Kalo gw ngambil Rp 100 rebu, berapa kg kelapa yg bsia gw dapet?

Karena kebetulan waktu itu gw bawa laptop, jadi gw buka aja Ms Excel. Dan ngetik2in apaan gitu jadi seperti ini:



di mana D2 ada formulanya:
=D3*D4

Terus ke menu Tools>Goal Seek gw isiin:



Hasilnya dg duit Rp 100 rebu, ternyata gw bisa bawa pulang 43.5 kg kelapa.

Susah-susah pake Goal Seek, padahal bisa kan kalo kg kelapa itu adalah uang di dompet dibagi harga kelapa/kg. Tapi karena gw males mikir lagi formulanya, jadi ya udah gw pake formula lama (uang di dompet = harga kelapa/kg x kg kelapa) terus pake Goal Seek deh.

Persamaan Kompleks

Gw punya persamaan kaya gini:
y = a + b * log ( c + 2 ^ d )

di mana nilai-nilai variable a, b, c, dan d, seperti di excel ini:



terus di C8 (nilai y) diisikan rumus:
=C4+C5*LOG(C6+2^C7)

Nah, kalo gw pengen dapetin y nya sebesar 350, berapakah nilai d, sementara nilai variable yg lain tetap.

Kalo gw bikin rumus di mana di sebelah kiri persamaan adalah d dan di kanannya selainnya, pusing gw.
d = #$%#$ y #$$# a #$ b Log* c &+_)!@##

Ya udah persamaannya ga usah diubah (di sebelah kiri persamaan adalah y) tapi gw pake Goal Seek aja.



Ternyata hasilnya nilai d adalah sebesar 24.91

1 Comments:

Post a Comment

<< Home